Profil Desa


Sejarah Desa

Desa Rajabasa Lama berdiri tahun 1402 M bertepatan pada tahun 809 H yang berlokasi di Way Terusan di wilayah Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah yang didirikan oleh "Minak Pemuko Ratu Di Bumi".

Pada tahun 1852H/ 1266 M, nenek moyang Rajabasa berpindah/ berimigrasi dari Way Terusan menuju Way Pengadungan yang berlokasi di wilayah Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur yang pada saat itu dipimpin oleh "Pengiran Dalem Mangkurat" atau "Minak Gedei", akan tetapi ada beberapa keluarga yang menuju Way Swikis dan membentuk desa yang hingga saat ini dikenal dengan nama Desa Rajabasa Batanghari Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timurdan ada pula yang melanjutkan perjalanan menuju ke Way Curup dan membentuk Desa Rajabasa Baru Kecamatan Mataram Baru Kabpaten Lampung Timur hingga sekarang.

Meskipun banyak masyarakat Rajabasa yang telah berpindah dan membentuk desa baru, akan tetapi masih banyak masyarakat yang tinggal di Way Penngadungan terutama para tokoh-tokoh/ penyimbang-penyimbang tuanya. Dan pada tahun 1909 M bertepatan pada tanggal 13 Dzulhijah tahun 1329 H semua masyarakat yang masih berada di Way Pengadungan kembali bermigrasi menuju Way Bagul yang pada saat itu dipimpin oleh "Pengiran Sampurna Jayo" dan menetap di lokasi tersebut sampai saat ini.

Sehubungan dengan para tokoh/ penyimbang adat yang dituakan banyak yang ikut atau bermigrasi ke Way Bagul makan dan bertempat paling lama di wilayah ini desa yang sebelumnya dikenal dengan nama Desa Rajabasa akhirnya berganti menjadi Desa Rajabasa Lama hingga saat ini.

Demikian sejarah singkat Desa Rajabasa Lama semoga dapat menjadi sejarah yang selalu dikenang dikemudian hari oleh berbagai pihak khususnya masyarakat Desa Rajabasa Lama.


RAJABASA LAMA